Belajar Coding Untuk Anak Sejak Dini, Perlukah ?

les privat coding anak

Ada beragam jenis les yang bisa diikuti oleh anak usia dini. Mulai dari les matematika, les bahasa inggris, kursus berenang, kursus musik, dan masih banyak keterampilan lainnya yang bisa dilakukan oleh anak diluar pelajaran sekolah. Saat ini, perkembangan teknologi berkembang dengan pesat sehingga keterampilan untuk mengoperasikan komputer menjadi suatu hal yang wajib bagi anak untuk mempelajarinya sejak dini.

Mengenalkan bagaimana sebuah teknologi beroperasi juga dapat membantu anak dalam memahami perangkat-perangkat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan memahaminya dengan baik, anak juga bisa memanfaatkan nya untuk belajar secara lebih maksimal.

Belajar coding mungkin bukan hal biasa yang terdengar oleh banyak orang. Terutama para orang tua yang lahir disaat teknologi belum berkembang secepat saat ini. Coding adalah istilah mengubah bahasa manusia, menjadi bahasa yang bisa dipahami oleh mesin/komputer. Tidak seperti manusia yang bisa paham dengan bahasa sehari-hari, komputer memerlukan perintah khusus untuk bisa paham apa yang harus komputer lakukan. Oleh karena itu, ada proses yang dinamakan coding.

Belajar coding di usia dini juga bisa meningkatkan kemampuan anak untuk berfikir logika dan sistematis. Tentunya hal tersebut juga dapat membantu anak untuk lebih mahir dalam menerima pelajaran di sekolah atau di lingkungan sekitarnya. Belajar coding untuk anak juga berbeda dengan orang dewasa, dimana untuk anak disesuaikan dengan pendekatan yang seru selayaknya sedang bermain game.

Ada beberapa platform yang biasa digunakan untuk anak belajar coding seperti ScratchJr, Scratch, Minecraft, Roblox, dan lain-lain. Di platform tersebut, anak bisa memberikan perintah kepada karakter yang ada di game untuk bergerak, bersuara, beraktivitas lainnya sesuai program yang diberikan

Berikut beberapa keuntungan anak belajar coding pada usia dini:

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Di dalam coding, anak akan belajar bagaimana menyelesaikan masalah error yang terjadi dengan berfikir secara logika. Anak akan terbiasa berfikir bagaimana cara problem solving dengan menemukan masalah yang ada, merumuskannya, dan memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil sebelum kemudian diselesaikan satu-persatu

Belajar Berfikir Logis

coding bukan hanya sekedar melakukan kode. Tapi juga berfikir secara struktur dan sistematis. Dengan belajar coding, anak akan terbiasa berfikir secara terstruktur.

Meningkatkan Percaya Diri

Di Kalananti, anak juga akan belajar bagaimana mereka mempresentasikan hasil karya nya kepada teman-teman nya. Dengan ini, anak akan terbiasa untuk mengemukakan pendapat dan karya nya di depan banyak orang

Belajar Yang Menyenangkan

Bermain memang sudah menjadi dunia nya anak-anak. Belajar coding untuk anak memang sudah dikemas dengan pendekatan bermain lewat game dan animasi. Game dan animasi yang digunakan memiliki nilai manfaat karena telah disesuaikan untuk usia dan tujuan belajar.

Mempersiapkan Diri Untuk Menggapai Cita-cita

Belajar coding tidak hanya untuk mereka yang ingin menjadi programmer. Setiap cita-cita memiliki tantangan nya sendiri. Dengan belajar coding, lewat kemampuan problem solving, berfikir kritis, berfikir secara terstruktur dan sistematis akan mempermudah anak dalam merumuskan masalah yang ada sebelum menentukan tujuan nya.

Contoh-contoh diatas adalah beberapa keuntungan anak ketika belajar coding. Selain berguna untuk masa sekarang, belajar sejak dini juga dapat bermanfaat bagi masa depan anak lewat pendekatan yang menyenangkan/bermain.

Kalananti by Ruangguru memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi anak sejak dini lewat permainan yang asik untuk dipelajari. Dengan menggunakan hal-hal yang menyenangkan, anak akan lebih menikmati proses belajar. Saat ini Kalananti memiliki program kelas privat yang membantu anak untuk belajar dengan lebih intensif dan tentunya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kepribadian anak. Jika ayah/bunda tertarik dan ingin bertanya lebih lanjut terlebih dahulu, silahkan untuk mengunjungi website kami di kalananti privat

Maulana Rahman Nur