Penting! Anak Usia Dini Wajib “Kenal” Teknologi Digital

mengajarkan teknologi pada anak

Ternyata teknologi digital bukan hanya untuk orang tua, anak usia dini pun harus diperkenalkan teknologi digital. Dengan memanfaatkan gadget secara bijak dapat memberikan pendidikan teknologi digital anak usia dini.

Pentingnya Pendidikan Teknologi Digital Pada Anak Usia Dini dan Manfaatnya

Literasi digital perlu dikenalkan kepada anak usia dini karena anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan teknologi digital menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengenalkan teknologi digital sejak dini, anak-anak akan lebih siap menghadapi tantangan dan kesempatan di masa depan, dan juga akan terbiasa menggunakan teknologi yang lebih canggih dan fleksibel.

Memperkenalkan teknologi digital pada anak usia dini juga bermanfaat, antara lain sebagai berikut:

  • Meningkatkan kreativitas dan inovasi anak

Anak-anak dapat dengan mudah mengekspresikan diri dan mengembangkan kemampuan kreatif mereka,  anak-anak juga dapat menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital.

  • Kegiatan belajar anak lebih efektif dan efisien

Dengan menggunakan teknologi seperti aplikasi belajar atau video pembelajaran, anak-anak dapat memahami materi pelajaran secara mudah dan menyenangkan.

  • Akses informasi

Teknologi digital dapat mempercepat anak-anak mengakses informasi seperti perpustakaan digital, kelas online, konten pembelajaran edukatif.

  • Menguasai literasi digital

Literasi digital membantu anak memahami cara memanfaatkan teknologi secara bijaksana, efektif, dan berdaya guna

 

Jenis Teknologi Digital ; Gadget 

Jenis gadget dalam hal ini smartphone adalah teknologi digital yang dekat dengan anak semua kelompok usia tidak terkecuali anak usia dini, karena anak memperhatikan dan meniru orang tua. Selain itu smartphone memiliki fitur-fitur yang memicu tantangan sekaligus keceriaan bagi anak. Gambar, lagu, game, dan film dengan suara dan warna menarik menawarkan pengalaman bermain yang berbeda bagi anak usia dini. 

Namun gadget juga dapat mengakibatkan kecanduan dan berdampak pada kesehatan pada anak, untuk meminimalisasi dampak tersebut psikologi anak menyarankan memperkenalkan smartphone harus secara bertahap, antara lain adalah:

  • Gunakan gadget yang tepat

Orang tua sebaiknya mempertimbangkan pemilihan perangkat khusus anak seperti smartwatch dan lainnya, atau perangkat yang memiliki mode anak.

  • Komunikasi terbuka dengan anak

Coba diskusikan secara terbuka dengan anak bagaimana dampak positif dan negatif 

  • Gunakan filter dan password

Orangtua bisa menerapkan filter yang disediakan pada aplikasi terkait, untuk membatasi konten yang bisa tampil saat diakses oleh anak-anak. Orangtua juga perlu mempertimbangkan penggunaan kata sandi atau password pada smartphone.

  • Tetapkan batasan

Berikan batasan screen time pada smartphone yang digunakan anak. Anak usia 2-4 tahun maksimal 1 jam dalam sehari, untuk usia 4-7 tahun anak sudah boleh diberi kesempatan menggunakan smartphone waktu maksimal 2 jam dalam sehari.

Orang tua harus dapat memanfaatkan gadget dengan bijak sebagai salah satu strategi mengenalkan pendidikan teknologi digital pada anak usia dini. Untuk anak yang ingin mengeksplorasi keingintahuan tentang teknologi digital, orang tua dapat mendaftarkan anak-anak di Kalananti by ruang guru yang memiliki program pembelajaran agar anak lebih terampil.

Di kursus coding dan robotik kalananti, anak akan diajarkan bagaimana cara memanfaatkan teknologi menjadi sebuah karya digital yang akan mengasah logika dan kreativitas anak. Selain itu, anak juga akan diajarkan untuk mampu presentasi project yang dibuat nya sehingga diharapkan bisa meningkatkan percaya diri untuk berbicara di depan banyak orang.

Apabila tertarik dan ingin menggali informasi lebih lanjut, silahkan klik website kalananti atau silahkan hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut mengenai program dan trial class nya

 

Penulis: Amalia Wulandari

 

coba kelas coding
Referensi:

ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pemanfaatan-teknologi-di-dunia-pendidikan 

tekno.kompas.com/read/2022/09/19/10150087/begini-cara-mengenalkan-smartphone-pada-anak-usia-dini-menurut-psikolog?page=all 

paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/pengenalan-literasi-digital-pada-anak-usia-dini?ref=NzI5LTRlZDgzNGM4&ix=NDctNGJkMWM0YjQ= 

graduate.binus.ac.id/2023/08/04/seberapa-penting-pembelajaran-it-untuk-anak-sd-di-era-digital/ 

Maulana Rahman Nur