Tiga Karya Terbaik dari Pameran Coding Anak Terbesar di Sumatra Barat

Pameran coding anak terbesar di sumatra barat

Ruangguru Coding berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk menyelenggarakan Coding Conference dan Expo 2024 pada hari Kamis, 8 Agustus 2024. Acara yang berlangsung di Aula Ngalau Indah, Balai Kota Payakumbuh ini merupakan bagian puncak dari serangkaian kegiatan Digital Transformation in Technology Education. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mendukung upaya Kota Payakumbuh dalam menjadi Smart City serta membangun sumber daya manusia yang handal demi mewujudkan generasi masa depan Payakumbuh yang cerdas dalam bidang digital.

Acara dihadiri oleh kepala Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten se-Sumatra Barat, kepala sekolah, guru, dan murid dari jenjang SD dan SMP se-Kota Payakumbuh, serta beberapa tamu penting lainnya seperti Ir. Suprayitno.,MA selaku Pejabat Walikota Payakumbuh, Dr. Muslihudin.,M.Pd. selaku Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Barat (BPMP) mewakili Kemendikbud Ristek, ⁠Ahmad Zakri S.Sos.,M.Si selaku kepala BKD Provinsi (perwakilan Gubernur Provinsi Sumatera Barat), Ahmad Syahid Zakaria selaku Headmaster (CEO) Ruangguru Coding, Drs. Barlius.,M.M selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Dr. Dasril S.Pd.,M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, dan H. Joben S.Ag.,M.A. selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh.

Para tamu undangan menyaksikan pameran karya coding 30 siswa terbaik dari SD dan SMP se-Kota Payakumbuh. Dua dari seluruh siswa-siswi tersebut berhasil memenangkan proyek terbaik hasil penjurian tim Ruangguru Coding dengan indikator penilaian diantaranya, Relevansi dengan Tema, Kreativitas Desain, Kualitas Kode dan Algoritma, serta Komunikasi dan satu diantaranya memenangkan booth terfavorit hasil voting seluruh tamu undangan, mereka ialah:

 

Robbil Al Ghofari dari SD Negeri 06 Payakumbuh – Proyek Terbaik  Kategori SD

Proyek Terbaik  Kategori SD di sumatra barat

Robbil membuat proyek berjudul Pinang Merah Putih. Ia membuat sebuah game berbasis Scratch yang mengajak pemain untuk merasakan serunya memanjat pinang dalam suasana perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Game ini dirancang untuk menyajikan tantangan seru dan menghibur sambil mengajarkan keterampilan dasar coding kepada anak-anak, dengan tetap menghormati dan memperingati nilai-nilai nasionalisme dan semangat kebersamaan, game ini dapat dimainkan oleh 3 player pemain untuk merasakan pengalaman yang nyata. Yuk mainkan game Rabbil di sini

 

Rafael Ayudha dari SMP Negeri 1 Payakumbuh – Proyek Terbaik Kategori SMP

Proyek Terbaik  Kategori SMP di sumatra barat

Rafel membuat proyek berjudul Obstaculo Mortal atau Lomba Lari 17-an. Game ini menghadirkan keseruan lomba lari yang meriah, terinspirasi dari perayaan 17 Agustus di Indonesia. Pemain akan berlari di lintasan yang penuh warna sambil menghadapi berbagai rintangan. Pemain dapat mengontrol player untuk dapat menghindari rintangan dengan cara memencet tombol spasi. Mainkan proyek Rafael di sini.

 

Neyza Lovely Naldi dari SDN 16 Payakumbuh – Booth Terfavorit

Proyek Terbaik  Kategori Booth di sumatra barat

Neyza membuat proyek berjudul Pahlawan Nasional Indonesia. Proyek ini merupakan proyek animasi interaktif yang dibuat menggunakan platform Scratch. Neyza berharap ia dapat memperkenalkan anak-anak pada tokoh-tokoh pahlawan nasional Indonesia melalui cerita animasi yang menarik dan edukatif. Kamu bisa memainkan proyek Neyza di sini.

Informasi lebih lanjut mengenai Ruangguru Coding, silahkan kunjungi website kami di Ruangguru Coding

Maulana Rahman Nur