"Entrepreneurship sebagai ilmu yang sangat dibutuhkan di masa depan sangat penting diajarkan pada si Kecil. Tapi mengajarkan ilmu pada anak seringkali tidak mudah. Sebagai orang tua, kita bisa mengajarkannya dengan bermain sambil belajar!"

Wajib Tahu ! 6 Games Untuk Meningkatkan Entrepreneurship si Kecil

Halo Ayah dan Bunda! Tahukah kalau keterampilan entrepreneurship adalah kemampuan unggul yang dibutuhkan di masa depan? Alasan keterampilan ini dibutuhkan di masa depan adalah untuk mewujudkan kemandirian dalam mencari peluang, karena si Kecil kelak akan bertanggung jawab atas nasib mereka sendiri. Jiwa entrepreneurship penting dimiliki oleh siapapun karena membuat si Kecil terbiasa berpikir kritis, menciptakan inovasi dan pemecahan masalah.

Apakah si Kecil di rumah sering menolak saat diajarkan suatu ilmu atau pelajaran? Nah, cara untuk mengatasinya itu kita bisa menerapkan metode bermain sambil belajar. Menurut penelitian oleh Parker dan Thomsen (2019) menemukan bahwa pengalaman bermain menjadikan pembelajaran lebih efektif karena menyenangkan, anak terlibat secara aktif, bermakna, dan interaktif. Dengan bermain games bertema entrepreneurship , si Kecil akan mengeksplorasi, mengutak-atik, dan memikirkan ide, untuk mencari solusi memperoleh pendapatan maksimal.

Makanya di artikel kali ini, Kakmin ingin membagikan rekomendasi-rekomendasi game seru sekaligus bisa belajar entrepreneurship untuk si Kecil, nih Ayah dan Bunda! 

Game seru untuk meningkatkan entrepreneurship di gadget si Kecil :

  • Rollercoaster Tycoon Story

Game pertama yang akan kita bahas adalah Rollercoaster Tycoon. Game ini tentang membangun dan mengelola taman hiburan yang unik. Sebagai pemain, si Kecil akan bertanggung jawab untuk membuat, mengoperasikan, dan mengelola taman bermain. Si Kecil akan mengumpulkan poin lewat permainan puzzle sederhana, seperti Candy Crush, lalu dengan poin itu dia bisa membersihkan dan membangun taman hiburan untuk menarik orang-orang. Rollercoaster Tycoon Story bisa dimainkan di perangkat iOS dan Android.

  • Coffee Shop

Selanjutnya adalah Game berjudul Coffee Shop ini sesuai namanya bercerita tentang si Kecil menjadi pemilik toko kopi yang harus merencanakan resep, manajemen keuangan, harga dan promosi agar memperoleh keuntungan. Cara bermain game ini terbilang cukup mudah dan menarik karena si Kecil bisa melihat feedback dari para pembeli dan menjadikannya pertimbangan untuk toko kopi miliknya.

  • AdVenture Capitalist

Ayah dan Bunda masih inget gak pernah bermain game sebagai seorang penjual lemonade di komputer dulu? Jika iya, nah game ini kurang lebih sama, yakni bertema penjual lemonade yang akan memperoleh uang dan bisa digunakan untuk mengupgrade peralatan yang dimiliki. Game ini juga gak hanya berjualan lemonade aja loh, Bunda! Di game ini, kita bisa membuka usaha di bidang lain seperti penjual koran, restoran hingga sebuah carwash.

Selain main game-game menarik di atas, ternyata masih banyak loh game-game yang tidak kalah menarik dan meningkatkan entrepreneurship meskipun tanpa menggunakan gadget !

  • Monopoli

Siapa yang gak pernah main game legendaris ini? Monopoli adalah board game dimana si Kecil akan belajar untuk melatih kemampuan membuat keputusan dan berusaha untuk meningkatkan nilai aset sebanyak-banyaknya. Sekarang monopoli bisa dimainkan di gadget maupun tablet, jadi Ayah dan Bunda bisa bermain monopoli bersama dengan si Kecil.

  • Rapidough

Siapa yang gak pernah main game legendaris ini? Monopoli adalah board game dimana si Kecil akan belajar untuk melatih kemampuan membuat keputusan dan berusaha untuk meningkatkan nilai aset sebanyak-banyaknya. Sekarang monopoli bisa dimainkan di gadget maupun tablet, jadi Ayah dan Bunda bisa bermain monopoli bersama dengan si Kecil.

  • Bermain Peran / Roleplay

Selanjutnya kita akan bermain peran atau roleplay dengan si Kecil. Ayah dan Bunda bisa meminta si Kecil memikirkan ide atau penemuan dan minta si Kecil memikirkan bagaimana cara agar benda tersebut terjual! Sebagai petunjuk, Ayah dan Bunda bisa memberikan bantuan seperti 

 

“Coba siapa yang kira-kira mau beli benda ini?”

“Berapa harga barang yang mau kamu jual?” 

 

Cara lainnya, coba gunakan sesuatu yang si Kecil minati untuk mendorong mereka mengubahnya menjadi ide bisnis – misalnya, si Kecil yang suka menggambar bisa diarahkan menjadi seniman, atau anak-anak yang suka membuat kue bisa diarahkan memulai bisnis kue! Dengan cara ini, si Kecil dapat mengenali dan mempertimbangkan hasrat atau profesi masa depan.

Dengan memainkan game-game ini, si Kecil tidak hanya bersenang-senang, namun juga mengasah keterampilan entrepreneurship yang ia miliki. Selain itu, game-game ini bisa dimainkan dengan siapapun sehingga menjadi semakin seru dan menarik! Semoga artikel rekomendasi game ini bermanfaat ya, Ayah dan Bunda!